1. Jelaskan
perbedaan antara Perancangan Sistem Informasi pendekatan secara Terstruktur
dengan Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek, jika ditinjau dari:
a. Penggunaan Alat Permodelan Sistem
b. Konsep Penggunaannya
d. Kelebihan dan Kekurangannya
masing-masing
2. Sebutkan
jurnal-jurnal penelitian (sertakan judul beserta pembahasan jurnal
masing-masing) yakni:
a. Perancangan Sistem berbasis Online
b. Perancangan Sistem berbasis Website
c. Perancangan Sistem berbasis Android
Masing-masing
perancangan harap sertakan 5 (lima) buah jurnal.
Penyelesaian :
1.
Perbedaan
antara Perancangan Sistem Informasi pendekatan secara Terstruktur dengan
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek
a.
Perbedaan
Antara Perancangan Sistem Informasi Pendekatan Secara Terstruktur Dengan
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek, Jika Ditinjau Dari Penggunaan
Alat Permodelan Sistem
Tools yang digunakan pada perancangan sistem secara terstruktur antara lain yaitu:
· DFD (Data Flow Diagram )
· Kamus Data
· Entity Relationship Diagram (ERD)
· State Transition Diagram (STD)
Tools pendekatan berorientasi objek antara lain yaitu :
· Rational Unified Process (RUP) (Rational Software – IBM 2003)
· Fusion (Coleman 1994)
· STS development Method 3 (ADM3) (Firesmith 1993)
· Berard’s object-oriented design (Berard 1991)
· Booch’s object-oriented design (Booch 1983, 1991)
· Coad and Yourdon’s object – oriented analysis (Coad & Yourdon 1989)
· Coad and Yourdon’s object-oriented analysis (OOA) (Coad & Yourdon 1991)
· Jacobson’s Objectory (Jacobson & Linstrom 1992)
· Rumbaugh’s object modelling technique (OMT) (Rumbaugh et al. 1991)
· Object-oriented system analysis (OOA) (Shlaer & Mellor 1988)
b. Perbedaan
Antara Perancangan Sistem Informasi Pendekatan Secara Terstruktur Dengan
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek, Jika Ditinjau Dari Konsep
Penggunaannya
Metodologi pengembangan
sistem terstruktur antara lain :
·
Metodologi
pemecahan fungsional
Metodologi
ini menekankan pada pemecahan sistem ke dalam subsistem-subsistem yang lebih
kecil, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami, dirancang, dan diterapkan.
·
Metodologi
berorientasi data
Metodologi
ini menekankan pada karakteristik data yang akan diproses.
·
Prescriptive
methodologies
Metodologi
ini merupakan metodologi yang dikembangkan oleh sistem house dan pabrik-pabrik
perangkat lunak dan tersedia secara komersial dalam paket-paket program.
Metodologi pengembangan
sistem berorientasi objek mempunyai tiga karakteristik utama, yaitu:
·
Encapsulation
Ø
Encapsulation
merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang
diproses.
Ø
Data
dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga
prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya.
Ø
Data
terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam
objek itu sendiri.
·
Inheritance
Ø
Inheritance
adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut
dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek
induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya.
Ø
Inheritance
mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di anatara kelas
yang mempunyai hubungan secara hirarki.
Ø
Inheritance
menggambarkan generalisasi sebuah kelas.
·
Polymorphism
Ø
Polimorfisme
yaitu konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan
perilaku berbeda.
Ø
Kemampuan
objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang pantas dalam merespon
message yang sama.
Ø
Seleksi
dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan
objek.
c.
Perbedaan
Antara Perancangan Sistem Informasi Pendekatan Secara Terstruktur Dengan
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek, Jika Ditinjau Dari Penggunaan
Sistem Operasi dan Bahasa Pemrograman
Penggunaan sistem operasi
dan bahasa pemrograman pada perancangan sistem informasi pendekatan secara
terstruktur antara lain :
·
foxpro,
Pascal Procedure, function
·
COBOL
·
Program,
section,paragraph
·
FORTRAN
·
Subroutine
Penggunaan sistem operasi
dan bahasa pemrograman pada perancangan sistem informasi berorientasi objek
antara lain :
Visual foxpro, java, C++, Pascal Ruby,
Phyton, SIMULA, Smalltalk, PHP, Delphi, Dll
d.
Perbedaan
Antara Perancangan Sistem Informasi Pendekatan Secara Terstruktur Dengan
Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek, Jika Ditinjau Dari Kelebihan dan Kekurangannya
masing-masing
Berikut ini merupakan
kelebihan dan kekurangan metode perancangan
terstruktur :
Kelebihan metode perancangan terstruktur
·
Milestone
diperlihatkan dengan jelas yang memudahkan dalam manajemen proyek
·
SSAD
merupakan pendekatan visual, ini membuat metode ini mudah dimengerti oleh
pengguna atau programmer.
·
Penggunaan
analisis grafis dan tool seperti DFD menjadikan SSAD menjadikan bagus untuk
digunakan.
·
SSAD
merupakan metode yang diketahui secara umum pada berbagai industry.
·
SSAD
sudah diterapkan begitu lama sehingga metode ini sudah matang dan layak untuk
digunakan.
·
SSAD
memungkinkan untuk melakukan validasi antara berbagai kebutuhan
·
SSAD
relatif simpel dan mudah dimengerti.
Kekurangan metode perancangan terstruktur
·
SSAD
berorientasi utama pada proses, sehingga mengabaikan kebutuhan non-fungsional.
·
Sedikit
sekali manajemen langsung terkait dengan SSAD
·
Prinsip
dasar SSAD merupakan pengembangan non-iterative (waterfall), akan tetapi
kebutuhan akan berubah pada setiap proses.
·
Interaksi
antara analisis atau pengguna tidak komprehensif, karena sistem telah
didefinisikan dari awal, sehingga tidak adaptif terhadap perubahan
(kebutuhan-kebutuhan baru).
·
Selain
dengan menggunakan desain logic dan DFD, tidak cukup tool yang digunakan untuk
mengkomunikasikan dengan pengguna, sehingga sangat sulit bagi pengguna untuk
melakukan evaluasi.
·
Pada
SAAD sulit sekali untuk memutuskan ketika ingin menghentikan dekomposisi dan
mliai membuat sistem.
·
SSAD
tidak selalu memenuhi kebutuhan pengguna.
·
SSAD
tidak dapat memenuhi kebutuhan terkait bahasa pemrograman berorientasi obyek,
karena metode ini memang didesain untuk mendukung bahasa pemrograman
terstruktur, tidak berorientasi pada obyek (Jadalowen, 2002).
Kelebihan
dan kekurangan dari metode perancangan Perancangan Sistem Informasi
Berorientasi Objek adalah sebagai berikut :
Kelebihan metode perancangan Sistem Informasi
Berorientasi Objek :
·
Dibandingkan
dengan metode SSAD, OOAD lebih mudah digunakan dalam pembangunan sistem
·
Dibandingkan
dengan SSAD, waktu pengembangan, level organisasi, ketangguhan,dan penggunaan
kembali (reuse) kode program lebih tinggi dibandingkan dengan metode OOAD
(Sommerville, 2000).
·
Tidak
ada pemisahan antara fase desain dan analisis, sehingga meningkatkan komunikasi
antara user dan developer dari awal hingga akhir pembangunan sistem.
·
Analis
dan programmer tidak dibatasi dengan batasan implementasi sistem, jadi desain
dapat diformliasikan yang dapat dikonfirmasi dengan berbagai lingkungan
eksekusi.
·
Relasi
obyek dengan entitas (thing) umumnya dapat di mapping dengan baik seperti
kondisi pada dunia nyata dan keterkaitan dalam sistem. Hal ini memudahkan dalam
mehami desain (Sommerville, 2000).
·
Memungkinkan
adanya perubahan dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap kebernaran software
yang membantu untuk mengurangi resiko pada pembangunan sistem yang kompleks
(Booch, 2007).
·
Encapsliation
data dan method, memungkinkan penggunaan kembali pada proyek lain, hal ini akan
memperingan proses desain, pemrograman dan reduksi harga.
·
OOAD
memungkinkan adanya standarisasi obyek yang akan memudahkan memahami desain dan
mengurangi resiko pelaksanaan proyek.
·
Dekomposisi
obyek, memungkinkan seorang analis untuk memcah masalah menjadi pecahan-pecahan
masalah dan bagian-bagian yang dimanage secara terpisah. Kode program dapat
dikerjakan bersama-sama. Metode ini memungkinkan pembangunan software dengan
cepat, sehingga dapat segera masuk ke pasaran dan kompetitif. Sistem yang
dihasilkan sangat fleksibel dan mudah dalam memelihara.
Kekurangan metode perancangan Sistem Informasi
Berorientasi Objek :
·
Pada
awal desain OOAD, sistem mungkin akan sangat simple.
·
Pada
OOAD lebih fockus pada coding dibandingkan dengan SSAD.
·
Pada
OOAD tidak menekankan pada kinerja team seperti pada SSAD.
·
Pada
OOAD tidak mudah untuk mendefinisikan class dan obyek yang dibutuhkan sistem.
·
Sering
kali pemrogramam berorientasi obyek digunakan untuk melakukan anlisisis
terhadap fungsional siste, sementara metode OOAD tidak berbasis pada fungsional
sistem.
·
OOAD
merupakan jenis manajemen proyek yang tergolong baru, yang berbeda dengan
metode analisis dengan metode terstruktur. Konsekuensinya adalah, team
developer butuh waktu yang lebih lama untuk berpindah ke OOAD, karena merek
·
sudah
menggunakan SSAD dalam waktu yang lama ( Hantos, 2005).
·
Metodologi
pengembangan sistem dengan OOAD menggunakan konsep reuse. Reuse merupakan salah
satu keuntungan utama yang menjadi alasan digunakannya OOAD. Namun demikian,
tanpa prosedur yang emplisit terhadap reuse, akan sangat sliit untuk menerapkan
konsep ini pada skala besar (Hantos, 2005).
2.
Jurnal
Penelitian :
a.
Perancangan
Sistem berbasis Online
1)
Judul
: SISTEM PEMBIMBINGAN
DALAM JARINGAN (DARING) PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR MAHASISWA DI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Pembahasan
: Penelitian ini
bertujuan mengembangkan prototipe sistem proses pembimbingan skripsi dan tugas
akhir serta penerapannya dalam jaringan (daring) guna menjembatani kebutuhan
penggunaan waktu yang efektif dan efisien dalam proses pembimbingan mahasiswa
dengan memanfaatkan teknologi jaringan. Dengan demikian, sistem ini diharapkan
mampu membawa kultur baru di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)
untuk dapat beradaptasi terhadap tren teknologi yang berkembang tanpa
mengesampingkan proses-proses esensial dalam pembimbingan skripsi dan tugas
akhir itu sendiri. Purwarupa dibangun sesuai
dengan
alur model pengembangan perangkat lunak yang meliputi penentuan spesifikasi
kebutuhan, perancangan, pengimplementasian sistem, ujicoba, dan perbaikan
terhadap kekurangan sistem. Proses berakhir pada pemenuhan seluruh kebutuhan
implementasi proses bimbingan skripsi dan tugas akhir ke dalam sistem daring. Teknologi
yang dimanfaatkan untuk pengembangan purwarupa sistem ini adalah teknologi
berbasis internet dengan skrip PHP dan didukung DBMS MySQL untuk pengelolaan
datanya. Sistem yang dihasilkan membagi pengguna ke dalam lima jenis otentikasi
berbeda, yakni dosen, mahasiswa,
administrator
umum, administrator akademik, dan ketua jurusan. Masing-masing tingkatan
pengguna memiliki kemampuan untuk mengakses fitur-fitur pembimbingan sesuai
dengan hak guna masing-masing. Purwarupa sistem pembimbingan daring ini telah
berhasil mengejawantahan panduan penyusunan skripsi dan tugas akhir di
lingkungan Undiksha dengan memanfaatkan teknologi berbasis web.
2)
Judul
: PERANCANGAN APLIKASI
DARING BIMBINGAN TUGAS AKHIR
Pembahasan
: Menurut kamus besar
Bahasa Indonesia, bimbingan memilika arti sebagai petunjuk(penjelasan) cara mengerjakan
sesuatu, tuntunan atau pimpinan. Dalam universitas terdapat tahap akhir yang
harus ditempuh oleh mahasiswa yaitu tugas akhir yang dalam prosesnya dibimbing
oleh satu atau dua orang dosen pembimbing.Penelitian ini mengusulkan perancangan
aplikasi daring bimbingan tugas akhir yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan
dosen. Aplikasi ini dirancang dalam lingkup Program Studi Teknik Informatika
Universitas Tanjungpura berdasarkan informasi dan prosedur pembuatan tugas
akhir Program Studi Teknik Informatika. Adapun pengujian yang digunakan adalah
metode black box dengan menggunakan teknik sample testing dan metode UAT (User
Acceptance Test) untuk memeriksa apakah sistem dapat berjalan dengan benar sesuai
dengan yang diharapkan oleh pengguna. Hasil dari penelitian ini memberikan
kemudahan bagi kedua dosen pembimbing untuk berkomunikasi mengenai mahasiswa bimbingannya
dalam forum pembimbing karena proses bimbingan dapat dilakukan secara daring
serta dilengkapi dengan pemberitahuan secara realtime melalui pesan elektronik atau
email.
(https://www.researchgate.net/publication/318962359_Perancangan_Aplikasi_Daring_Bimbingan_Tugas_Akhir )
3) Judul
: RANCANG BANGUN SISTEM
INFORMASI BUKU AJAR DARING BERBASIS WEB
Pembahasan : Permasalahan
yang dihadapi oleh mahasiswa yaitu sulitnya mendapatkan bahan ajar yang sesuai
dengan bahan ajar yang diajarkan dosen, sering kali materi yang diperoleh
mahasiswa terkadang hanya disalin pada computer ataupun mengunduhnya dari
internet sehingga file tersebut hilang karena terhapus, terkena virus, bahkan
komputer yang rusak atau error. Permasalahan yang dihadapi dosenya itu
manajemen bahan ajar yang kurang tersusun rapi, sehingga meyebabkan file bahan
ajar hilang atau lupa tempat penyimpanannya. Permasalahan lain yang dihadapi
dosennya itu pemberian tugas yang masih belum bias disampaikan secara rapi dan
pengumpulan tugas yang masih belum bias diakomodir menjadi satu, biasanya dosen
hanya memanfaatkan media flashdisk untuk menyalin tugas yang harus dikerjakan
lalu dibagikan kemahasiswa, selain itu dosen juga memanfaatkan media email atau
media sosial lain untuk mengirim tugas apabila tidak bias mengajar. Akan
tetapi, dengan cara tersebut pengumpulan tugas hanya bias dilakukan satu
persatu oleh mahasiswa dikarenakan belum adanya aplikasi yang mengakomodir
pengumpulan tugas menjadi satu tempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
membangun Aplikasi Mobile Leaning Berbasis Android Dan Web. Sistem ini dibuat
dengan menggunakan metode Waterfall dimana setiap langkah penelitian dilakukan
secara berurutan mulai dari tahap analisis, perancangan sistem, penulisan kode
program, dan pengujian sistem. Pengujian dilakukan dengan metode black box yang
menguji fungsi masing-masing fitur dan pengujian kepuasan pengguna menggunakan
kuisioner. Aplikasi web Mobile Learning telahdiuji pada tiga browser yang
berbeda yaitu pada browser Microsoft Edge, Mozilla Firefox dan Google Chrome
dengan hasil semua fungsi dapat berjalan dengan baik, sedangkan Aplikasi
android Mobile Learning telahdi uji pada 3 sistem operasi android yang berbeda
yaitu pada system operasi Kitkat, Lollipop dan Nougat dengan hasil semua fungsi
berjalan dengan baik dan pengujian kepada 30 responden telah didapatkan hasil
persentase sebesar 85,6% yang berarti pengguna merasa sangat puas dengan system
ini.
4) Judul
: PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK PENDAFTARAN PESERTA PELATIHAN KURSUS SERTIFIKASI
INTERNASIONAL SECARA DARING DI UNIVERSITAS GUNADARMA
Pembahasan:
Universitas Gunadarma
saat ini memiliki pelatihan yang bersertifikasi internasional, salah satunya
yaitu Oracle Workforce Development Program (OWDP). Oracle Workforce Development
Program (OWDP) yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga profesional di bidang
Teknologi Informasi dalam lingkup pekerjaan mengunakan Sistem Database berbasis
ORACLE. Oracle Workforce Development Program (OWDP) merupakan pelatihan resmi bersertifikasi
internasional yang kurikulumnya mengacu pada ORACLE University. Penelitian ini
dibangun sebuah rancangan sistem informasi yang sesuai untuk menunjang
pelayanan pendaftaran kursus sertifikasi secara daring bagi trainee (calon
peserta) didalam pelatihan kursus Oracle Workforce Development Program (OWDP)
berbasis web dengan menggunakan model SDLC. Tahapan analisis dan perancangan
menggunakan bahasa permodelan UML berorientasi objek dengan sistem arsitektur
yang bekerja pada object oriented analysis design
yang
menentukan visualisasi, konstruksi dan mendokumentasikan rancangan sistem, serta
menggunakan diagram activity, use case diagram, dan class diagram. Perancangan
sistem informasi pendaftaran pelatihan kursus Oracle Workforce Development
Program (OWDP) secara daring dapat membantu trainee (calon peserta) untuk
melakukan proses pendaftaran tanpa harus datang langsung ke Universitas
Gunadarma sehingga menjadi efektif dan efisien.
5)
Judul
: PENGEMBANGAN SISTEM
KUESIONER DARING DENGAN METODE WEIGHT PRODUCT UNTUK MENGETAHUI KEPUASAN
PENDIDIKAN KOMPUTER PADA LPK CYBER COMPUTER
Pembahasan
: Penelitian ini
dilakukan bedasarkan Lembaga Pendidikan Kursus (LPK) Cyber Computer yang ingin
membuat sistem kuesioner daring untuk mengetahui minat pendidikan komputer.
Untuk mengetahui minat pendidikan komputer tersebut maka dibuat dengan skala
likert dan dengan menggunakan algoritma Weight Product, sehingga nantinya
didapatkan data statistik yang dapat dipertanggungjawabkan. Adapun harapan dari
sistem yang dibuat nantinya yaitu harus sesuai keinginan pihak manajemen
seperti dapat mengetahui berapa orang yang puas terhadap materi yang diberikan
pada pendidikan komputer LPK Cyber Computer. Dari hasil penelitian yang
dilakukan di LPK Cyber Computer maka didapatkan hasil bahwasannya kebersihan
toilet di LPK Cyber Computer harus tetap dipertahankan dengan mendapatkan nilai
0.31, selain itu juga materi pelajaran 3D Max juga harus tetap dipertahankan
dengan mendapatkan nilai 0.24 dan yang terakhir profesionalitas staf pengajar
tetap harus juga dipertahankan dengan mendapatkan nilai 0.23 yang mana seluruh
nilai yang ada merupakan hasil dari perhitungan dengan menggunakan Skala Likert
dan Weight Product.
b.
Perancangan
Sistem berbasis Website
1)
Judul
: ANALISA DAN PERANCANGAN
SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA MI AL-MURSYIDIYYAH AL-‘ASYIROTUSSYAFI’IYYAH
Pembahasan
: Perkembangan
Teknologi dalam era globalisasi saat ini melaju dengan sangat pesat dan
informasi yang beredar semakin banyak dan kompleks sehingga dunia pendidikan
harus dapat mengikuti perkembangan teknologi terutama dalam bidang teknologi
komputer, Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Kebutuhan manusia
akan informasi pada saat ini menjadi begitu mudah terpenuhi dengan hadirnya
internet, yang memungkinkan melakukan transfer informasi hanya dengan hitungan detik.Namun
seiring dengan kemajuan teknologi ditambah dengan meningkatnya gaya hidup
mobile. Proses pemantauan nilai akademik siswa pada sistem yang sedang berjalan
pada MI Al-Mursyidiyyah Al-’Asyirotussyafi’iyyah dilakukan dengan cara yang
konvesional, dimana siswa dan wali siswa hanya bisa melihat hasil dari kemampuan
siswa tersebut pada akhir masa pembelajaran atau yang kita kenal dengan istilah
pembagian raport siswa.Untuk membantu pihak sekolah dan orang tua atau wali
siswa dalam memantau nilai akademik siswa MI Al-Mursyidiyyah
Al-’Asyirotussyafi’iyyah – Pamulang, melalui sebuah aplikasi berbasis web dan
diharapkan aplikasi ini dapat memberikan informasi kepada pihak sekolah dan
orang tua secara efektif dan efisien yang berkaitan dengan penilaian akademik siswa.Metode
yang di gunakan dalam melakukan pengembangan sistem aplikasi yaitu SDLC (System
Development Life Cycle) dengan model proses waterfall, Dengan sistem yang dijalankan
diharapkan akan meminimalisir kesalahan yang tidak diperlukan dalam pembuatan
dan pelaporan nilai siswa. Pengujian yang dilakukan terhadap aplikasi sistem
informasi akademik ini adalah pengujian dengan metode Blackbox. Pengujian
dilakukan dengan menjalankan semua fungsi dan fitur yang ada didalam aplikasi
ini dan kemudian dilihat apakah hasil dari fungsi-fungsi tersebut sesuai dengan
yang diharapkan. Aplikasi dijalankan melalui suatu Web Browser dan mencoba
mengakses sistem informasi akademik.
2)
Judul
: PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI BERBASIS WEB SUBSISTEM GURU DI SEKOLAH PESANTREN PERSATUAN ISLAM 99
RANCABANGO
Pembahasan
: Metodologi yang
digunakan dalam perancangan sistem informasi ini menggunakan metode pendekatan
berorientasi objek dengan Unified Approach (UA) dari Bahrami(1999). Bahasa
pemrograman yang digunakan adalah PHP. Hasil penelitian menunjukkna bahwa
penggunaan sistem informasi berbasis website dapat dapat menjadi sebuah
revolusi publikasi dalam membuka jangkauan informasi yang lebih luas lagi untuk
menyampaikan berbagai jenis informasi mengenai sekolah tersebut, memberikan
kemudahan dalam aktivitas – aktivitas akademik menghilangkan batasan waktu,
jarak dan tempat sebagai halangan bagi santriwan santriwati, orang tua ataupun
masyarakat yang ingin mencari informasi tentang sekolah yang bersangkutan
(Khususnya Guru).
3)
Judul
: PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI KONSULTASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE
Pembahasan
: Pada era modernisasi
ini, tentunya proses konsultasi akademik ini dapat ditingkatkan efisiensi dan
efektifitasnya dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah sedemikian
berkembangnya terutama internet. Perkembangan teknologi komputer, mendorong
komunitas dan golongan bersaing untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dalam
berbagai bidang. Kesadaran akan hal ini pula tentu harus dimanfaatkan secara
efektif oleh Lembaga Pendidikan Tinggi sebagai Lembaga layanan mahasiswa.
Sistem Konsultasi Akademik yang terkomputerisasi dan digunakan melalui jaringan
internet ini dibutuhkan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan proses
pembimbingan bersama dengan dosen penasehat akademik. Sistem ini sangat mudah
untuk dikontrol dan dievaluasi secara bersama dibawah koordinasi Pimpinan
Perguruan Tinggi atau pelaksana lainnya pada tingkat Fakultas. Model
pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model prototype
dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Bahasa
pemrograman yang digunakan adalah PHP dan perangkat lunak untuk mendesain
interface menggunakan Adobe Dreamweaver CS. Pembuatan database menggunakan
MySQL dengan aplikasi XAMMP. Setelah diuji dengan menggunakan black box testing
didapati hasil bahwa system ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan
fungsi masing - masing.
4)
Judul
: SISTEM INFORMASI
BERBASIS WEB JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Pembahasan
: Sistem Informasi
Akademik Berbasis Web pada Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas
Sriwijaya merupakan suatu sistem yang memudahkan mahasiswa dalam melakukan
kegiatan pengisian Kartu Rencana Studi, dan mendapatkan informasi laporan
nilai, selain itu dengan berbasiskan
web
maka informasi data dapat diakses dengan waktu dan tempat yang tidak
ditentukan. Pada sistem ini, menu hanya dapat diakses oleh user tertentu yaitu
siswa, dan administrator. Pada hasil penelitian ini telah dikembangkan sebuah
Sistem Informasi Berbasis Web dengan studi kasus pada Jurusan Sistem Informasi Fakultas
Ilmu Komputer. Dimana dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu pengembangan
sistem yaitu Data Flow Diagram (DFD), Context Diagram, Entity Relationship
Diagram (ERD) dan Flowchart serta dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan
HTML dan MySQL sebagai databasenya.
(https://media.neliti.com/media/publications/130577-ID-sistem-informasi-berbasis-web-jurusan-si.pdf)
5)
Judul
: PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA PEMPEK NONY 168 PALEMBANG
Pembahasan
: Pempek merupakan
makanan khas Palembang yang banyak diminati oleh masyarakat setempat maupun
diluar kota Palembang. Makin banyaknya penjualan pempek yang ada di kota
Palembang, misalnya Pempek Nony 168 yang saat ini belum memiliki media yang dapat
membantu para pelanggan yang berada diluar kota untuk melakukan transaksi
dengan mudah. Maka dari itu untuk mempermudah hubungan antara perusahaan dengan
pelanggan, perusahaan memerlukan transaksi berbasis web. Dimana tujuan dari
penulisan skripsi ini sendiri adalah membangun sistem informasi penjualan
berbasis web yang dapat memberikan informasi baik untuk pihak perusahaan maupun
pelanggannya itu sendiri. Metodologi yang digunakan untuk merancang sistem ini
adalah metodologi RUP, bahasa pemrograman dan database yang digunakan pada
pembuatan sistem ini adalah PHP dan MySQL. Dengan dibangunnya sistem ini dapat
memperluas promosi penjualan pempek, mempermudah agar pelanggan yang berada diluar
kota Palembang dapat melakukan transaksi penjualan dan meningkatkan pendapatan.
c.
Perancangan
Sistem berbasis Android
1)
Judul
: PERANCANGAN INTERFACE
APLIKASI E-SKRIPSI
BERBASIS
ANDROID
Pembahasan
: Skripsi merupakan
suatu karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai tugas akhir untuk
memperoleh gelar sarjana dari perguruan tinggi. Untuk membuat skripsi tentunya
tidak mudah, mahasiswa harus terlebih dahulu mengajukan judul dari skripsi yang
akan dikerjakan ke Program Studi. Selama ini pengajuan judul skripsi masih
menggunakan media kertas dan mahasiswa harus mencari dan bertemu langsung
dengan calon dosen pembimbing dari skripsi tersebut. Selain memerlukan waktu
yang lama, mahasiswa perlu mengatur jadwal untuk bertemu dengan beberapa calon
dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu interface
aplikasi yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mengajukan judul skripsi secara
online. Selain itu, mahasiswa dapat mengakses skripsi yang telah dikerjakan
sebelumnya oleh mahasiswa lain, panduan penulisan skripsi, info tentang jadwal
seminar proposal atau sidang, dan mengajukan beberapa calon pembimbing yang
diminatinya. Rancangan interface aplikasi ini dibuat menggunakan Microsoft
Office Power Point.
2)
Judul
: APLIKASI INFORMASI
DAN PEMESANAN TIKET TRAVEL BERBASIS ANDROID
Pembahasan
: Syahputra Tour &
Travel masih menggunakan cara konvensional dalam kegiatan pemesanan tiket serta
pencarian jadwal keberangkatan seorang calon penumpang, yaitu melalui
Outlet/Loket dan Via Telepon saja. Cara tersebut kurang efektif baik dari segi
waktu maupun biaya karena bisa terjadi ketidaksesuaian antara keinginan
pelanggan dalam hal jam pemberangkatan atau bahkan tiketnya sudah terjual
habis. Sehingga diperlukan aplikasi informasi dan pemesanan tiket travel yang
dapat memberikan informasi yang jelas serta tidak terbatas oleh jarak dan waktu
dengan menggunakan media website atau mobile. Penelitian ini bertujuan untuk
membangun aplikasi informasi dan pemesanan tiket travel berbasis android.
Tahap
pengembangan aplikasi meliputi analisis, perancangan sistem, implementasi, dan
pengujian. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode studi pustaka,
wawancara, dan observasi. Aplikasi informasi dan pemesanan tiket travel
berbasis android dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.
Aplikasi
informasi dan pemesanan tiket travel berbasis android yang dibuat dapat
memberikan informasi travel dan pemesanan tiket. Sehingga dapat memudahkan
pelanggan untuk mengakses informasi dan pemesanan tiket travel dikarenakan
tingkat efektifitas dan efisiensi fungsi dari mobile itu sendiri. Hasil
pengujian sistem menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan
sebagai alat untuk memberikan informasi dan untuk pemesanan tiket travel di
Syahputra Tour & Travel.
3)
Judul
: SISTEM MONITORING
NILAI SISWA BERBASIS ANDROID
Pembahasan
: Perangkat bergerak
pada saat ini sudah merajai dunia teknologi dalam berbagai bidang, dalam
penggunaannya perangkat bergerak atau mobile phone memiliki bermacam-macam
operasi sistem yaitu, Andorid, IOS, Symbian dan beberapa operasi sistem
lainnya, dengan memanfaatkan mobile phone sebagai wadah untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan di bidang teknologi sangat membantu para pengembang ilmu
pengetahuan untuk mengembangkan berbagai pemikiran mereka. Dalam penelitian ini
penulis melakukan sebuah inovasi di dunia pendidikan dengan memanfaatkan mobile
phone dengan sistem operasi android.
Metode
yang di lakukan adalah melakukan anilsa kebutuhan dunia pendidikan pada saat
ini, maka dari itu hasil dari penelitian ini adalah bagaiman sebuah mobile
phone dengan sistem operasi android dapat mengolah data nilai siswa, memberikan
informasi seputar kemajuan siswa di sekolah.
Aplikasi
pengolahan nilai berbasis android ini nantinya dapat menampilkan daftar nilai
siswa, kegiatan siswa, serta kehadiran siswa di sekolah. Maka para orang tua
cukup mengunduh aplikasi
ini
dan memasang di handphone mereka agar dapat memantau perkembangan anak mereka
di sekolah.
4)
Judul
: PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI AKUNTASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID
Pembahasan
: Perusahaan dalam
persaingan bisnisnya harus mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk
kemajuan perusahaannya. Sistem informasi sangat penting bagi setiap perusahaan,
untuk itu perancangan pengolahan data yang dapat menghasilkan informasi yang
baik, berkualitas, dan bermanfaat sangat di perlukan. UKM merupakan salah satu
bagian penting dari perekonomian negara ataupun daerah. Jumlah UKM di
yogyakarta setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlahnya sampai dengan 10.000
unit. Salah satu tantangan utama yang dihadapi UKM adalah bagaimana pengelolaan
dana perusahaan. UKM kurang memahami akan pentingnya akuntansi. Padahal
akuntansi sebagai alat untuk mengetahui perkembangan usaha melalui laporan keuangan
dan juga sebagai sumber data untuk menghitung pajak. Beberapa penggunaan sistem
informasi akuntansi pada organisasi bisnis diantaranya adalah dengan
menggunakan komputer. Saat ini smartphone dengan sistem operasi Android
merupakan perangkat yang memiliki jumlah pengguna terbanyak diantara smartphone
dengan sistem operasi lain. Proses akuntansi menggunakan bahasa pemrograman
dapat dikerjakan secara terintegrasi otomatis sehingga meminimalisir kesalahan
laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini
menggunakan metode RAD tetapi hanya sampai tahap design saja. Berdasarkan hal tersebut
maka perlu dikembangkan sebuah Sistem Informasi Akuntansi berbasis android yang
dapat digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengelolaan keuangan UKM agar
dapat menghasilkan laporan keuangan yang real time dan juga penyimpanan data
yang ringkas dan aman.
5)
Judul
: PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI PARIWISATA BERBASIS ANDROID
Pembahasan
: Teknologi informasi
dan komunikasi yang semakin berkembang mendorong kebutuhan manusia akan
informasi yang cepat dan akurat. Seperti dalam bidang pariwisata, informasi
yang cepat dan akurat dibutuhkan agar mempermudah wisatawan untuk mencapai
tujuan wisata yang akan dituju. Promosi dan pemasaran daya tarik wisata yang
dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Palembang masih berupa
media cetak seperti media massa, booklet dengan peta wisata yang tidak dinamis namun
metode ini masih belum cukup untuk menyampaikan informasi wisata secara akurat
kepada wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Oleh karena itu melalui
perancangan dan pembangunan sistem informasi pariwisata berbasis mobile android
ini dapat mempermudah wisatawan dalam mencari informasi wisata yang ada di kota
Palembang. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan adalah RUP
(Rational Unified Proces) dengan menggunakan konsep Unified Modelling Language
(UML), sedangkan diagram yang digunakan adalah Use Case Diagram, Activity
Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Informasi berupa peta wisata
ditampilkan dengan Library Google Maps Apis. Hasil dari penelitian Perancangan Sistem
Informasi Pariwisata Berbasis Android.
0 komentar:
Post a Comment