Monday, 14 January 2019

TUGAS SISTEM INFORMASI BAB V


SOAL BAB V
1.    Buatlah panduan wawancara pada divisi
a.    Personalia
b.    Marketing
2.    Jelaskan teknik – teknik pengumpulan data yang biasa anda gunakan di dalam penelitian dari teknik – teknik tersebut, teknik manakah yang paling baik digunakan menurut anda, jelaskan alasannya serta sebutkan masing – masing kelebihan dan kekurangan teknik kekurangan tersebut pengumpulan data tersebut.
3.    Pada saat anda menggunakan teknik observasi untuk mengamati system informasi akademik yang ada di UMC, maka rencanakan terlebih dahulu observasi yang akan dilakukan. (5W1H)
4.    Jelaskan teknik – teknik daftar pertanyaan yang bisa digunakan.
a.    Format bebas
b.    Format pasti
5.    Buatlah daftar pertanyaan baik dalam format bebas maupun dalam format past.



PENYELESAIAN
1.    panduan wawancara pada divisi personalia dan marketing.

2.  Teknik pengumpulan data yang biasa digunakan dalam penelitian :
WAWANCARA
adalah suatu percakapan langsung dengan tujuan-tujuan tertentu dengan menggunakan format tanya jawab yang terencana. Wawancara memungkinkan analis sistem mendengar tujuan-tujuan, perasaan, pendapat dan prosedur-prosedur informal dalam wawancara dengan para pembuat keputusan organisasional.
Kelemahan
·         Proses wawancara membutuhkan waktu yang lama, sehingga secara relatif mahal dibandingkan dengan teknik yang lainnya.
·         Keberhasilan hasil wawancara sangat tergantung dari kepandaian pewawancara untuk melakukan hubungan antar manusia.
Kelebihan
·         Wawancara memberikan kesempatan kepada pewawancara untuk memotivasi orang yang diwawancarai untuk menjawab dengan bebasa dan terbuka terhadap pertanyaa-pertanyaan yang diajukan.
·         Memungkinkan pewawancara untuk mengembangkan pertanyaan - pertanyaan sesuai dengan situasi yang berkembang. 

OBSERVASI
adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan.
Kelemahan
·         Umumnya orang yang diamati merasa terganggu atau tidak nyaman, sehingga akan melakukan pekerjaanya dengan tidak semestinya.
·         Pekerjaan yang sedang diobservasi mungkin tidak dapat mewakili suatu tingkat kesulitas pekerjaan tertentu atau kegiatan-kegiatan khusus yang tidak selalu dilakukan.
Kelebihan
·         Data yang dikumpulkan melalui observasi cenderung mempunyai keandalan yang tinggi.
·         Penganalisis melalui observasi dapat melihat langsung apa yang sedang dikerjakan. Pekerjaan-pekerjaan yang rumit kadang-kadang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Melalui observasi, penganalisis dapat mengidentifikasikan kegiatan-kegiatan yang tidak tepat yang telah digambarkan oleh teknik pengumpulan data yang lain.

DAFTAR PERTANYAAN (KUESIONER)
Suatu daftar yang  berisi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk tujuan khusus yang memungkinkan penganalisis untuk mengumpulkan data mengenai sikap, keyakinan, perilaku dan karakteristik dari orang-orang utama di dalam organisasi serta pendapat dari responden yang dipilih.
kelemahan
·         Kuesioner tidak menggaransi responden untuk menjawab pertanyaan dengan sepenuh hati.
·         Kuesioner cenderung tidak fleksibel, artinya pertanyaan yang harus dijawab terbatas yang dicantumkan di kuesioner saja, tidak dapat dikembangkan lagi sesuai dengan situasinya.
Kelebihan
·         Kuesioner baik untuk sumber data yang banyak dan tersebar.
·         Responden tidak merasa terganggu, karena dapat mengisi kuesioner dengan memilih waktunya sendiri yang paling luang. Teknik yang paling baik digunakan adalah teknik observasi, karena dengan teknik ini kita langsung dating ketempat dan melihat keadaan sekitar, jadi tahu akan kondisi dan informasinya akan lebih akurat
3.     5W1H
·         Peralatan apa saja yang di butuhkan untuk membangun sistem informasi akademik di Universitas Muhammadiyah Cirebon ini.
·         Siapa saja yang dapat mengakses sistem informasi akademik di Universitas Muhammadiya Cirebon ini.?
·         Di mana saja kita bisa mengakses sistem akademik  Universitas Muhammadiyah Cirebon ?
·         Kenapa sistem akademik terkadang mudah di retas, dan apa yang yang harus dilakukan agar sistem tidak mudah diretas .?
·         Bagaimana penerapan sistem informasi pada Universitas Muhammadiyah Cirebon.?

4.    format bebas berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus disi oleh responden di tempat yang sudah disediakan.
Format pasti
tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.diantaranya adalah
·         Check-off Questions
Jenis dari pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.
·         Yes/NO Questions
Jenis dari pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab “Ya” atau “Tidak”.
·         Opinion/choice Questions
Jenis dari pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.

5. HRD
    Format bebas :
·         Bagaimana cara anda menemukan karyawan yang benar - benar dibutuhkan di perusahaan ini.?
·         Apa saja yang dibutuhkan calon karyawan baru ketika ingin seleksi masuk ke perusahaan ini.?
·         Ada berapa tahap seleksi untuk menjadi karyawan di perusahaan ini.?
·         Apa yang harus anda persiapkan dalam menjalankan tugas sebagai HRD, karena disini anda memiliki tanggung jawab yang besar kepada perusahaan dalam mencari karyawan.?
Format pasti :
·         Perusahaan memberikan fasilitas kerja yang memadahi bagi saya. ( YA / TIDAK)
·         Koordinasi antar departemen di perusahaan saya berjalan lancer. ( YA / TIDAK)
·         Pekerjaan yang saya lakukan memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas hidup manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. ( YA / TIDAK)
·         Perusahaan selalu memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengerjakan tugas sebagai karyawan di perusahaan saya.  ( YA / TIDAK)

Marketing
Format bebas :
·         Mengapa pemasaran online semakin disukai daripada pemasaran offline.?
·         Apa kendala yang sering di alami ketika memasarkan produk perusahaan.?
·         Target apa saja yang sering di limpahkan ke divisi marketing

Format pasti :
·         Jika diperlukan saya  bersedia kerja lembur demi memenuhi target yang harus terpenuhi. ( YA / TIDAK)
·         Jika sesekali di perlukan, saya bersedia membantu melakukan pekerjaan yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan saya, namun bermanfaat bagi perusahaan. ( YA / TIDAK)
·         Walaupun tidak ada interuksi dari atasan, saya dapat mencapai target pekerjaan dengan baik. ( YA / TIDAK)
·         Perusahaan memberikan penghasilan , tunjangan dan fasilitas yang memadai dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industry sejenis. ( YA / TIDAK)

Entry Data Processing
Format bebas :
·         Tahapan apa saja yang ada di dalam Electronic Data Processing.?
·         Sistem proram apa saja yang terdapat di dalam elektronik data processing.?
·         Siapa sajakah yang bisa  menggunakan Elektronik Data Processing dalam suatu perusahaan.
·         Skill Apa saja yang harus anda miliki untuk bekerja di bagian ini.?


Format pasti :
·         Apakah direktur boleh menggunakan Elektronok Data Processing pada suatu perusahaan.? ( YA / TIDAK)
·         Apakah dalam metode organisasi dan pemrosesan data pada elektronik Data Processing trdapat 2 cara.? ( YA / TIDAK)
·         Apakah perusahaan juga merupakan sasaran penjualan elektronik data processing.? ( YA / TIDAK)
·         Perusahaan sangat mendukung dan memfasilitasi atas apa yang di butuhkan di bagian ini.  (YA / TIDAK)

0 komentar:

Post a Comment