Friday, 30 November 2018

TUGAS SISTEM INFORMASI BAB III DAN BAB IV

SOAL
1.    Jelaskan apa yang dimaksud kebijakan sistem dan jelaskan pula faktor faktor yang perlu diperhatikan dalam kebijakan sistem
2.    Jelaskan langkah – langkah di dalam perencanaan sistem
·         Merencanakan proyek – proyek sistem
·         Mempersiapkan proyek – proyek sistem yang akan di kembangkan.
·         Mendefinisikan proyek – proyek sistem yang akan di kembangkan
3.    Sebutkan proyek – proyek sistem informasi yang dibuat Universitas Muhammadiyah Cirebon, beserta ruang lingkupnya masing – masing.
4.    Jelaskan apa yang dimaksud study kelayakan dan jelaskan faktor faktor yang perlu dinilai dalam studi kelayakan tersebut
5.    Sebutkan langkah – langkah didalam analisa sistem.


PENYELESAIAN
1.    Kebijakan sistem (systems policy) merupakan landasan dan dukungan dari manajemen puncak untuk membuat perencanaan sistem. Kebijakan sistem itu sendiri antara lain dilakukan oleh management puncak, mengembangkan suatu sistem informasi, menyediakan manajemen dengan informasi yang cukup, meningkatkan produktifitas karyawan.
Faktor yang memperngaruhi kebijakan sistem antara lain Waktu, Sumber Daya Manusia
2.    Langkah – langkah dalam perencanaa system
a.    Merencanakan proyek-proyek system
Tahapan proses perencanaan sistem yaitu :
·         Mengkaji tujuan, perencanaan strategi dan taktik perusahaan
·         Mengidentifikasi proyek-proyek system
·         Menetapkan sasaran proyek-proyek system
·         Menetapkan kendala proyek-proyek sistem (mis. Batasan biaya, waktu, umur ekonomis, peraturan yang berlaku)
·         Menetukan prioritas proyek-proyek system
·         Membuat laporan perencanaan system
·         Meminta persetujuan manajemen

b.    Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan. Persiapan ini meliputi :
·         Menunjuk team analis (dapat berasal dari departemen pengembangan
·         yang ada atau dari luar perusahaan (konsultan)
·         Mengumumkan proyek pengembangan system

c.    Mendefinisikan proyek-proyek sistem yang dikembangkan
d.    Melakukan studi untuk mencari alternatif pemecahan terbaik yang paling layak untuk dikembangkan.
Tahapan yang dilakukan yaitu :
·         Mengidentifikasi kembali ruang lingkup dan sasaran proyek system
·         Melakukan studi kelayakan
·         Menilai kelayakan proyek system
·         Membuat usulan proyek system
·         Meminta persetujuan manajemen
3.    Proyek – proyek sistem informasi yang dibuat Universitas Muhammadiyah Cirebon beserta ruang lingkupnya
a.    Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)
Ruang lingkup sistem informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk memudahkan mahasiswa mendapatkan informasi tentang program study yang ada di UMC, biaya Administrasi awal, fasilitas -  fasilitas kampus, dan Prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru sampai diterima sebagai mahasiwa baru.

b.    Sistem Informasi Akademik
Ruang lingkup ini yakni mengembangkan sistem informasi manajemen perkuliahan untuk laporan absensi dosen, pengolahan data untuk laporan silabus perkuliahan, laporan satuan acara perkuliahan, jadwal kuliah dan monitoring perkuliahan.

c.    Sistem Informasi Pengelola
Identitas Kampus, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database, dan format tanggal.

d.    Sistem informasi aplikasi berbasis android ( SIMAKU)
Mengisi KRS online, melihat KRS hasil transaksi krs yang telah dilakukan, melihat hasil kuliah per semester. Melihat tagihan / pembayaran perkuliahan.


4.    Studi kelayakan Sistem Informasi adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek system informasi atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan tidak dijalankan.
Faktor kelayakan harus meliputi kriteria berikut ini:
·    Kelayakan Teknik /Technical Feasibility
·    Kelayakan Ekonomi/Economic Feasibility
·    Kelayakan Hukum/Legal feasibility
·    Kelayakan Operasional/Operational Feasibility
·    Kelayakan Jadwal/Schedule Feasibility

5.    Langkah – langkah didalam analisa sistem
·         Identify, yaitu mengidentifikasi masalah.
·         Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada.
·         Analyze, yaitu menganalisis sistem.
·         Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.



0 komentar:

Post a Comment